Alasan Cristiano Ronaldo Ingin Bertahan Bersama Juventus

  • Whatsapp
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, merayakan golnya ke gawang Crotone dalam laga Serie A hari Selasa

FlashbolaCristiano Ronaldo dilaporkan berada di depan pintu Juventus. Namun, perlu dicatat bahwa ada sejumlah alasan yang membuatnya bisa bertahan di Allianz Stadium setidaknya hingga kontraknya habis.

Kabar hengkangnya Ronaldo bermula tepat setelah Juventus dipastikan tersingkir dari Liga Champions musim ini. Perjalanan mereka terhenti di babak 16 besar setelah kalah agresivitas gol wakil Portugal, FC Porto.

Read More

Manajemen Juventus dikabarkan belum puas dengan prestasi klub sejak Ronaldo datang. Bagaimana tidak, klub berjuluk Bianconeri ini selalu tersingkir oleh tim kuda hitam dalam tiga musim terakhir.

Pencapaian tersebut tidak sebanding dengan jumlah uang yang harus dikeluarkan Juventus untuk Ronaldo. Selain nilai transfer 100 juta euro yang terbuang percuma untuk Real Madrid pada 2018, Juventus juga harus membayar gaji Ronaldo sebesar 31 juta euro per musim.

Pandemi

Ronaldo memiliki beberapa opsi bagi klub untuk berlabuh jika dia harus meninggalkan Juventus. Selain Real Madrid, Manchester United dan PSG, pemain berusia 36 tahun itu juga telah pindah ke beberapa klub MLS.

Namun masalahnya, nilai kontrak Ronaldo tak bisa dibilang sedikit. 31 juta euro per tahun dan jelas Ronaldo enggan menerima diskon. Nilai tersebut diyakini akan membuat klub kesulitan untuk memenuhinya.

Penyebabnya adalah pandemi. Banyak klub besar mengalami pukulan ekonomi besar akibat pandemi Covid-19. Jadi, klub sebesar Real Madrid atau Manchester United pun akan kesulitan membayar gaji Ronaldo.

Masalah Pajak

Salah satu aspek yang bisa membatasi kepergian Ronaldo dari Juventus adalah pajak. Pekerja di Italia yang berasal dari luar negeri diperbolehkan membayar uang senilai 100 ribu euro yang diperoleh dari tempat lain.

Sistem ini diterapkan untuk mendongkrak perekonomian negara sekaligus meningkatkan minat investasi dari luar negeri. Sehingga Italia tidak perlu mengalami ‘brain drain’ yang membuat negaranya cukup sengsara.

Sistem pajak ini diklaim menguntungkan banyak pesepakbola dari luar Italia, termasuk Ronaldo. Tak pelak, peraih lima trofi Ballon d’Or ini enggan melewatkan kesempatan menghemat uang pajak.

Pendapatan tambahan

Alasan ketiga mengapa Ronaldo tidak akan meninggalkan Juventus adalah pendapatan. Tak bisa dipungkiri, pendapatan melalui sponsorship dan iklan meningkat sejak Ronaldo berlabuh di Turin pada 2018 lalu.

Seperti yang dilaporkan Tuttosport, Juventus mengantongi tambahan pendapatan 21,9 juta euro dari sponsorship dan periklanan. Sementara pendapatan dari lisensi produk meningkat dari 28 juta euro menjadi 44 juta euro.

Media sosial Juventus juga mengalami peningkatan drastis hanya dengan memasukkan Ronaldo. Ketiga alasan tersebut diyakini membuat Ronaldo dan Juventus terus bekerja sama setidaknya hingga 2022.

Related posts

banner 468x60