Ducati Mampu Melaju Hingga 400 KM/Jam

  • Whatsapp
Ducati Mampu Melaju Hingga 400 KM

Flashbola – Tak terkejut, Michelle Pirro mengaku sudah biasa melihat Ducati melaju begitu kencang. Padahal test rider Ducati Corse ini sedang memecahkan rekor kecepatan puncak alias top speed dengan capaian 362, 4 km/jam.

Test kecepatan puncak tersebut dipecahkan Ducati saat sesi latihan bebas keempat (FP4) MotoGP Qatar. Rekor itu dipecahkan di sirkuit Losail pada Sabtu (27/3) lalu.

Read More

Ducati menyalip rekor milik Andrea Davzioso di angka 356,7 km/jam. Saat itu Ducati juga berada di sesi latihan bebas tahun 2019 silam. Namun belum ia menunjukkan taringnya saat itu.

Bersamaan dengan Zarco, ada dua nama lain yang sama cepatnya. Jorge Martin dan Jack Miller mencatat rekor kecepatan sebesar 358,8 km/jam di sesi Q1 dan 357,5 km/jam di sesi Q2.

Momen Menghebohkan Dunia Balap Motor

Momen dimana Ducati melucuti rekor Zarco membuat heboh seantero balap motor. Sayangnya Pirro merasa hal ini hanya hal biasa. Dalam uji coba tertutup dengan Ducati, Pirro sudah sering mencatat kecepatan 365 km/jam.

Tidak ada rekor resmi karena uji kecepatan tersebut dilakukan secara tertutup. Bahkan Pirro mengklaim Ducati pernah mencapai kecepatan 400 Km/jam. Tentunya dengan kecepatan yang demikian, pembalap akan merasakan sensasi yang sulit digambarkan.

Tidak Hanya Soal Mesin

Memecahkan rekor sebesar itu tidak mungkin hanya berasal dari mesin. Meski mesin yang digunakan Ducati memang dikenal bertenaga yakni Desmosedici, namun pemain juga harus memiliki tenaga penuh. “Ducati memang selalu bertenaga,” ujarnya.

Demi mencapai limit kecepatan, seluruh fungsi motor haruslah terintegrasi dengan baik. Termasuk di antaranya aerodinamika, elektronik, dan sasis.

Pembalap Italia yang sekaligus sebagai test rider Ducati menilai, jika Ducati tak perlu cemas dengan tikungan, ruang lebih besar, rasio lebih panjang maka sangat mudah baginya untuk mencapai 400 km/jam.

Sirkuit Mugello Akan Ciptakan Rekor

Trek lurus sirkuit ini sangat panjang yaitu 1141 meter dengan tikungan pertama yang merupakan tikungan cepat ke kanan. Rekor – rekor motor GP biasanya pecah jika kembali dengan sirkuit semacam ini.

Namun jika dibandingkan dengan sirkuit The Americas di Austin yang juga memiliki trek lurus 1200 meter, sulit menaklukkan rekor di tempat tersebut. Sebab tikungan pertamanya tajam ke kiri.

Ducati tak mungkin menciptakan rekor 400 km/jam di sirkuit ini. Setidaknya kecepatan 360 km/jam masih mungkin dijangkau.

Related posts

banner 468x60