Menuai Pro dan Kontra Terbentuknya Super League

  • Whatsapp
European Super League

Flashbola – Polemik European Super League (ESL) masih panas. Sebagian besar fans mengambil langkah ekstrim dengan mengkritik keras klub idola mereka.

Desas-desus bermunculan bahwa beberapa klub pendiri ESL mulai mempertimbangkan untuk mengundurkan diri. Meski begitu, para petinggi ESL tetap bersikeras bahwa langkah mereka tidak bisa dihentikan.

Read More

Di tengah polemik ini, Sky Sports melakukan wawancara dengan sumber ESL internal. Mereka merahasiakan namanya, yang jelas sumber ini adalah salah satu dari enam klub Liga Inggris yang menjadi pendiri ESL.

Wawancara ini memberikan beberapa jawaban yang telah ditunggu-tunggu oleh para penggemar. Apa itu?

Monopoli UEFA

Sumber anonim ini mengkonfirmasi satu alasan utama pembuatan ESL: monopoli UEFA. Klub-klub top ini telah merasa dibohongi UEFA selama bertahun-tahun.

UEFA memonopoli kompetisi. Klub-klub ini diperas untuk keuntungan komersial UEFA.

“UEFA sebagai penyelenggara tidak pernah mendengarkan klub dan mereka memonopoli sepakbola kompetitif,” kata sumber anonim itu kepada Sky Sports.

“Faktanya, jumlah pendapatan Liga Champions tidak sebesar yang seharusnya.”

Liga Champions harus berubah

Klub-klub pendiri ESL telah lama menuntut perubahan pada sistem Liga Champions, tetapi UEFA selalu menutup telinga mereka. Di saat yang sama, kasus korupsi berulang terjadi di dalam tubuh UEFA.

“Pada saat yang sama, klub tidak memiliki suara atas infrastruktur dan tata kelola kompetisi [UCL]. Itu harus diubah,” lanjut sumber tersebut.

“Liga Champions tidak cukup baik secara komersial. Kami sudah punya cara untuk mengubahnya, tapi UEFA menolak menyerahkan kendali mereka,” pungkasnya.

Sumber: Sky Sports

Related posts

banner 468x60