Manchester City Akan Menghadapi Chelsea dalam Laga Lanjutan Premier League

  • Whatsapp
Manchester City Akan Menghadapi Chelsea dalam Laga Lanjutan Premier League

FlashbolaManchester City akan menghadapi Chelsea pada pertandingan Liga Inggris 2020/2021. Laga ini akan digelar di Stadion Etihad, Sabtu (08/05) malam WIB.

Pertandingan ini hampir pasti akan berlangsung sengit. Pasalnya, kedua tim punya motivasi tinggi jelang laga ini.

Read More

Chelsea tentu saja mengincar kemenangan di laga ini guna meningkatkan posisi mereka di puncak klasemen. Sementara itu, City mengincar tiga poin penuh guna memastikan diri meraih gelar Liga Inggris musim ini.

Selain itu, City dan Chelsea tentunya sama-sama menggunakan pertandingan ini sebagai sarana untuk mengukur kekuatan lawannya. Pasalnya, mereka akan bertemu kembali di Final Liga Champions 2020/2021 mendatang.

Jelang laga antara City dan Chelsea, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Apa catatannya? Simak artikel lengkapnya di bawah ini.

Chelsea unggul dalam sejarah

Pertandingan akhir pekan ini akan menjadi pertandingan ke-166 Manchester City dan Chelsea. Situs web Worldfootball mencatat bahwa kedua tim pertama kali bertemu pada minggu ke-16 musim 1907/1908. Dalam laga yang digelar pada 7 Desember 1907 itu, kedua tim bermain sama kuatnya 2-2.

Pada undian pertama, Chelsea unggul dalam rekor 165 pertemuan mereka dengan Manchester City. Sejauh ini, The Blues telah meraih 67 kemenangan dan 40 hasil imbang. Sementara itu, City ‘baru’ meraih 58 kemenangan melawan Chelsea.

Untuk urusan produktivitas gol, Chelsea memang lebih garang dari City. Dalam 165 pertemuan dengan City, The Blues telah mencetak 226 gol. Sementara itu, City ‘baru’ membobol gawang Chelsea sebanyak 213 kali.

Kota Meraja

City memulai musim ini dengan sedikit lambat. Namun seiring berjalannya waktu, skuat asuhan Pep Guardiola seolah tak terbendung.

The Citizens menjadi klub dengan performa terbaik di Premier League 2020/2021 sejauh ini.

Dari segi lini serang, City adalah tim dengan kualitas peluang terbaik di Liga Inggris. Page Understat mencatat bahwa Kevin de Bruyne dan teman-temannya memiliki target yang diharapkan (xG) 70,49.

Dengan nilai xG sebesar ini, prestasi para pemain City menjadi lebih baik lagi. Mereka telah mencetak 71 gol sejauh ini, yang terbaik sejauh ini di Liga Premier.

Pertahanan City sejauh ini adalah yang terbaik. Halaman Understat mencatat bahwa The Citizens memiliki target yang diharapkan melawan (xGA) dari 25,51. Hal ini menjadikan City tim yang paling pelit dalam memberikan kesempatan kepada lawannya untuk membobol gawang mereka.

Namun, nilai xGA ini malah lebih besar dari angka kebobolan City. Sejauh ini, gawang City baru kebobolan 25 kali. Artinya performa John Stones dan kawan-kawan dalam menjaga benteng Kota sangat baik.

Chelsea On Fire

Chelsea sendiri memiliki rekor yang hanya selisih tipis dengan catatan City. Untuk urusan pertahanan, Chelsea berada di urutan kedua dalam hal pelit membiarkan lawan menciptakan peluang di lini pertahanannya.

Page Understat mencatat bahwa skor xGA Chelsea adalah 26,61. Memang, pertahanan mereka sejauh ini kurang baik, kebobolan 31 gol. Namun, meski dengan rekor ini mereka masih menjadi tim kedua – di bawah City – yang kebobolan paling sedikit di Premier League.

Sedangkan dari sisi lini serang, Chelsea berada di urutan kedua, di bawah City, dalam hal menciptakan peluang berkualitas. Page Understat mencatat bahwa sejauh ini Chelsea memiliki skor xG 60,17.

Namun soal melengkapi peluang yang mereka miliki, Chelsea bisa dikatakan sedang berkinerja buruk. Sejauh ini mereka baru mencetak 53 gol. Rekor ini hanya menempatkan mereka di peringkat ketujuh dalam daftar tim paling produktif di Liga Inggris.

Ujian Berat Kota

Jika melihat statistik antara kedua tim, terlihat bahwa City jauh di depan Chelsea dan tidak akan kesulitan mengalahkan The Blues. Namun, jangan lupa bahwa data tersebut merupakan data sejak awal musim.

Chelsea sendiri sudah banyak berubah sekarang. Kedatangan Thomas Tuchel, menggantikan Frank Lampard, sontak mendongkrak performa The Blues.

Dalam 15 pertandingan bersama Chelsea, Tuchel memimpin timnya meraih sembilan kemenangan, lima imbang dan satu kekalahan.

Jangan lupakan juga catatan bahwa di tim terakhirnya, di babak semifinal Piala FA terakhir, Tuchel sukses membawa timnya mengalahkan City 1-0.

Dengan semua rekor ini, patut disebutkan bahwa Chelsea akan menjadi ujian kelayakan untuk City sebelum dinobatkan sebagai juara Liga Inggris 2020/2021.

Related posts

banner 468x60