Syarat Naik Kereta Api Selama PPKM Darurat, Kalian Sudah Tahu???

  • Whatsapp

CUPANG99 – PPKM darurat masih banyak dipertanyakan masyarakat. Tidak hanya KA lokal dan KRL, perjalanan KA jarak jauh juga perlu memenuhi syarat tertentu selama masa PPKM darurat.
Berikut poin-poin tentang aturan KA dan KRL Lokal:

1) Perjalanan KA komuter rutin dan dalam kawasan atau kawasan aglomerasi, hanya berlaku untuk perjalanan dinas sektor esensial dan sektor kritis sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2) Perjalanan kereta api komuter rutin dan dalam kawasan atau kawasan aglomerasi sebagaimana dimaksud pada angka 4a) harus dilengkapi dengan dokumen persyaratan berupa:
a) Tanda Daftar Tenaga Kerja atau Surat Keterangan lain yang diterbitkan oleh pemerintah daerah: dan/atau:
b) surat tugas yang ditandatangani oleh pimpinan atau pejabat perusahaan minimal eselon 2 (bagi pemerintah) dan stempel basah atau tanda tangan elektronik.

STRP harus dicetak alias dicetak untuk menghindari pemalsuan. Hal ini dilakukan karena masih banyak penumpang yang tidak melengkapi STRP dengan cap dan tanda tangan.

“Diperlukan print karena banyak yang digital juga tidak lengkap dengan stempel dan tanda tangan. Untuk menghindari pemalsuan, kami juga sablon dengan tanda tangan dan stempel basah,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba saat dihubungi.
Sesuai dengan SE No 42 Tahun 2021, penumpang KA jarak jauh di Pulau Jawa dan Sumatera harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

1. Wajib menunjukkan surat keterangan hasil tes RT-PCR negatif maksimal 2×24 jam atau rapid antigen test maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.
2. Untuk perjalanan KA jarak jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga wajib menunjukkan kartu vaksinasi COVID-19 minimal dosis pertama.
3. Penumpang KA jarak jauh tidak bisa lagi menggunakan hasil tes GeNose sebagai syarat perjalanan.
4. Pelanggan dengan minat khusus yang tidak/tidak divaksinasi karena alasan medis tetap dapat menggunakan KA jarak jauh dengan menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis dan disertai surat negatif RT-PCR atau rapid antigen test yang masih berlaku.
5. Pelanggan di bawah 18 tahun tidak wajib menunjukkan kartu vaksin.
6. Pelanggan di bawah 5 tahun tidak wajib menunjukkan hasil RT-PCR atau rapid antigen test.
7. Setiap pelanggan harus dalam keadaan sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, penciuman, diare, dan demam), suhu tubuh tidak lebih dari 37,3 derajat Celcius, dan memakai masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut.

Related posts

banner 468x60