LBH Kecam Ketua DPRD DKI yang Minta Kartel Kremasi Ditembak Mati

  • Whatsapp

CUPANG99 – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta mengecam pernyataan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi yang meminta Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk menembak mati pelaku kartel kremasi. Prasetio dinilai tidak menghormati prinsip-prinsip HAM.

“Tindakan tersebut mencerminkan ketidaktahuan Ketua MPR terhadap prinsip-prinsip supremasi hukum dan hak asasi manusia serta membahayakan nyawa warga atas dukungan kepada polisi yang berlebihan (berlebihan) yang selama ini sering terjadi berupa penembakan, penyiksaan, tindakan melawan hukum. pembunuhan (extrajudicial killings) dan penganiayaan terhadap tersangka kriminal,” demikian keterangan tertulis dari Lembaga Bantuan Hukum Jakarta.

Hal ini juga diatur dalam Pasal 28 A UUD 1945 dan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, dan Kovenan Internasional Hak Sipil dan Politik (ICCPR).
Terkait hal itu, LBH Jakarta mendesak Prasetio untuk mencabut pernyataannya. Prasetio disarankan untuk menggunakan kewenangannya dalam mengawasi Pemprov DKI Jakarta dalam hal kremasi jenazah.

“Prasetio Edi Marsudi selaku Ketua DPRD DKI Jakarta harus mencabut pernyataannya meminta Kapolres untuk menembak mati pelaku kartel kremasi karena membahayakan hak asasi manusia, dan Prasetio harus bisa menggunakan kewenangan pengawasan DPRD terhadap tindak pidana korupsi.

Gubernur dan jajarannya terkait kremasi jenazah, termasuk mendesak agar krematorium darurat segera didirikan agar prosesi pemakaman warga yang membutuhkan bisa berjalan dengan baik,” kata LBH Jakarta.

Politisi PDIP itu bahkan mengaku pernah membicarakan praktik serupa dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Menurutnya, praktik ini lebih buruk dari kasus korupsi atau narkoba.

“Saya bertanya kepada Kapolda, begitu saya berbicara dengan Kapolda, hal-hal seperti itu harus lebih jahat daripada narkoba, lebih buruk dari korupsi, tembak mati saja, saya katakan itu,” katanya.

Related posts

banner 468x60