Sapi Kurban 1,2 Ton Jokowi Dipotong Pertama di Masjid Istiqlal

  • Whatsapp

CUPANG99 –  Hari ini menyembelih 28 hewan kurban. Salah satu hewan kurban yang disembelih adalah sapi seberat 1,2 ton yang disumbangkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Sapinya ada 16 ekor, kambing 12 ekor, semuanya kita sembelih hari ini. (Sapi Pak Jokowi juga) disembelih dulu, sekitar jam 7, sekarang sudah selesai, tinggal pemotongan dan penimbangan,” kata Wakil Kabag Humas Istiqlal Amaq Dalilah saat dihubungi.
“Ya, itu benar di area masjid, kami telah menyediakan RPH juga,” katanya.

Selain sapi dari Jokowi, Masjid Istiqlal juga menerima hewan kurban dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Amaq mengatakan sapi dari Ma’ruf disembelih setelah sapi dari Jokowi.

“Presiden dan wakil presiden, pertama dan kedua, selalu dalam urutannya, diikuti oleh menteri,” katanya.

Protokol kesehatan juga menjadi hal utama yang diperhatikan selama proses penyembelihan hingga pemotongan. Panitia kurban dipastikan dalam keadaan sehat, wajib memakai masker, cuci tangan terlebih dahulu dan tidak membuat keramaian.

“Yang pasti dengan protokol kesehatan yang perlu diawasi, panitia kurban juga harus dalam keadaan sehat, pakai masker, cuci tangan dulu, dan tidak berkerumun,” kata Amaq.

Rencananya, daging kurban akan didistribusikan oleh yayasan dan di sekitar wilayah DKI Jakarta.

“Nanti kita distribusikan ke yayasan, ke sekitar DKI Jakarta juga. Jadi kita sudah tentukan lokasi pendistribusian datanya,” kata Amaq.

“Begitu selesai akan langsung didistribusikan, karena sekarang masih pemotongan, kita timbang dulu, baru langsung didistribusikan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal dilakukan secara terbatas di Rumah Potong Hewan (RPH) Istiqlal. Penyembelihan dilakukan oleh petugas dari RPH Pulogadung.Amaq mengatakan pihaknya juga menerima sapi milik sejumlah pejabat. Di antaranya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

“Ada dari Kemenhub, ada Menteri Agama, ada Kapolri, dan Kapolda satu persatu,” kata Amaq

Related posts

banner 468x60