Mempelai Wanita-Wali Kena Corona, Pesta Pernikahan di Kulon Progo Dibubarkan

  • Whatsapp

CUPANG99 – Pesta pernikahan di Kapanewon Sentolo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dibubarkan oleh aparat gabungan Satgas COVID-19 setempat hari ini.

Pembubaran akad nikah ini dilakukan karena calon pengantin dan walinya terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19.

“Iya betul, tadi kita bubarkan pesta pernikahan di Dusun Sidowayah Desa Sukoreno Sentolo karena diketahui calon pengantin dan walinya terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil swab antigen,” kata Panewu. Sentolo, Sigit Purnomo, saat dimintai konfirmasi.

Sigit menjelaskan, pembubaran akad nikah diawali dengan adanya laporan dari KUA Sentolo terkait kondisi calon mempelai dan walinya, ayah kandung mempelai wanita yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Proses ijab kabul di KUA dilakukan pagi ini dengan peserta dari masing-masing calon pengantin. Sedangkan mempelai wanita diwakili oleh anggota keluarga yang dinyatakan negatif Corona.

“KUA memperbolehkan Ijab dilakukan di KUA, tetapi mempelai wanita dan walinya tidak boleh ikut, hanya diwakili. Setelah ijab kabul, barulah mereka pulang, dan ternyata mereka masih mengadakan hajatan di sana (rumah mempelai wanita). ” kata Sigit.

Sebagai solusi, kata Sigit, pihaknya mengarahkan agar tamu diterima dengan sistem drive thru. Jadi mereka tidak perlu masuk ke tenda hajatan dan menjaga jarak.

Sigit menduga pihak keluarga mempelai wanita sengaja menutupi hasil swab antigen positif agar pernikahan tetap bisa digelar. Dugaan ini dikuatkan oleh kesaksian warga sekitar yang tidak mengetahui apa-apa tentang hasil tersebut.

“Ya, pihak keluarga mempelai wanita menyembunyikan hasil swab antigen positif. Saya sudah minta panitia (pesta pernikahan) tidak mengerti, tetangga juga tidak mengerti,” katanya.

Related posts

banner 468x60