Pandemi Corona, Jumlah Pengangguran di Bandung Barat Tambah 28.882 Orang

  • Whatsapp

CUPANG99 – Pandemi COVID-19 telah melumpuhkan sektor ekonomi. Seperti di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang mengalami peningkatan jumlah pengangguran sejak setahun terakhir.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bandung Barat Panji Hermawan mengatakan, jumlah pengangguran di KBB pada 2020 bertambah 28.882 orang.

“Data tahun 2019 jumlah pengangguran di KBB hanya 62.695 orang. Kemudian tahun 2020 pada masa pandemi COVID-19, data pengangguran naik menjadi 91.577 orang atau bertambah 28.882 orang,” kata Pandji kepada wartawan.

Pandji mengatakan, dari puluhan ribu orang yang menjadi pengangguran di Bandung Barat, sebagian besar adalah masyarakat usia produktif dengan kategori pendidikan mulai dari SMP, SMA/SMK, hingga sarjana.
“Kebanyakan lulusan SMA/SMK dan sarjana. Jadi tahun lalu dan tahun ini baru lulus sekolah dan belum mendapat pekerjaan,” jelas Pandji.

Pihaknya berupaya bekerjasama dengan sekitar 800 perusahaan di Bandung Barat untuk mengadakan proses pelatihan atau pemagangan dengan harapan akan terjadi proses link and match antara perusahaan dengan peserta magang.

Tujuan akhir dari program ini adalah perekrutan tenaga kerja dari Bandung Barat ketika perusahaan sangat membutuhkan sumber daya manusia selama proses pemagangan.

“Kami ingin seperti itu agar ada lapangan kerja sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Tapi itu tergantung perusahaan juga pengguna,” kata Pandji.

Ia mengatakan tidak menutup kemungkinan jumlah pengangguran di Bandung Barat akan bertambah lagi, mengingat pandemi COVID-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir.

“Data tahun ini belum terkumpul semua, namun diprediksi akan ada penambahan lagi. Terutama dari para pekerja sektor pariwisata dan perhotelan yang sangat terdampak, karena tempat usahanya tutup selama PPKM Darurat, dampak dari COVID -19 masih tinggi,” kata Pandji.

Related posts

banner 468x60