Asnawi Mangkualam Bahar Gagal Penalti, Ansan Greeners Tumbang Di Kandang

  • Whatsapp
Asnawi Mangkualam

Cupang99 – Asnawi memperoleh kekalahan kedua sejak bergabung ke Ansan selepas memperkua timnas Indonesia.

Bek sayap Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar gagal menjadi pahlawan ketika Ansan Greeners dipaksa menelan kekalahan tipis 1-0 dari Gimcheon Sangu di Stadion Ansan Wa, Sabtu (24/7) malam WIB, dalam lanjutan K League 2 Korea Selatan.

Hasil itu membuat Ansan menelan dua kekalahan secara beruntun setelah di pekan sebelumnya digasak Busan IPark dengan skor telak 4-0. Bagi Asnawi ini, itu juga menjadi kekalahan kedua dari tiga laga sejak ia kembali memperkuat Ansan selepas membela timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Berbeda dibandingkan sebelumnya, pelatih Kim Gil-sik menempatkan Asnawi di posisi aslinya sebagai bek sayap kanan dalam skema 3-4-3. Ketika digasak Busan, Asnawi berperan sebagai penyerang sayap. Gil-sik berharap Ansan dapat bangkit di laga ini, mengingat mereka bermain di kandang.

Pertandingan antara Ansan dan Gimcheon berlangsung ketat sejak peluit kick-off ditiupkan wasit. Kendati demikian, tidak mudah bagi kedua tim untuk menembus pertahanan lawan masing-masing.

Perlahan-lahan Gimcheon mulai menguasai permainan, dan beberapa kali mengancam pertahanan Ansan. Di lain sisi, permainan agresif Gimcheon dibalas Ansan dengan skema serangan balik cepat. Hanya saja, penyelesaian akhir menjadi masalah utama Ansan.

Tekanan itu membuat Gil-sik memasukkan Duarte Robson dengan menarik keluar Lim Jae-hyuk untuk mengimbangi permainan tim tamu. Tetapi perubahan tersebut tidak memberikan hasil maksimal, sehingga babak pertama ditutup dengan skor imbang tanpa gol.

Permainan Ansan membaik di babak kedua, dan mampu memberikan ancaman serius ketika laga baru berjalan enam menit. Peluang diperoleh Lee Sang-min, tapi sepakannya dapat dipatahkan kiper Gu Sung-yung.

Kubu tuan rumah terbungkam setelah Gimcheon memecahkan kebuntuan terlebih dulu di menit ke-64. Heo Yong-Jun melepaskan tendangan yang diblok kiper Kim Sun-woo, tapi bola muntah mengarah ke pemain pengganti Park Sang-hyeok yang tanpa kesulitan menceploskan bola.

Ansan berusaha menyamakan kedudukan dengan meningkatkan intensitas serangan. Peluang didapat pemain pengganti Canoto di menit ke-79, namun tendangannya dapat diblok penjaga gawang.

Menjelang pertandingan berakhir, Ansan mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan ketika pemain Gimcheon melakukan pelanggaran di kotak terlarang, sehingga wasit menunjuk titik putih.

Asnawi secara mengejutkan tampil sebagai algojo, dan sukses menjebol gawang Sung-yung. Hanya saja, eksekusi penalti harus diulang, karena Canoto sudah berlari ke dalam kotak sebelum bola ditedang. Sayangnya, di eksekusi keduanya ini, Asnawi gagal menaklukkan Sung-yung, sehingga Ansan dipaksa menelan kekalahan 1-0.

Related posts

banner 468x60