Beragam Faktor Angka Kematian COVID-19 Meningkat Sepekan Terakhir

  • Whatsapp

CUPANG99 – Jumlah kematian akibat COVID-19 meningkat tajam dalam seminggu terakhir. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan berbagai faktor di baliknya.

“Dari hasil penelitian tim di lapangan, angka kematian meningkat karena beberapa faktor: kapasitas rumah sakit sudah penuh, pasien yang datang memiliki kejenuhan yang buruk, dan meninggal karena tidak terpantau saat melakukan swadaya. isolasi di rumah,” kata Luhut dalam keterangannya.

Luhut juga mengatakan, rata-rata pasien yang meninggal karena penyakit penyerta belum mendapatkan vaksinasi. Untuk itu, Luhut meminta upaya intervensi terkait sejumlah faktor tersebut.

Luhut menjelaskan langkah-langkah intervensi yang harus dilakukan, antara lain meningkatkan kapasitas ICU rumah sakit dengan oksigen sentral di daerah dengan angka kematian tinggi, menyediakan isolasi terpusat dan terpantau untuk pasien berisiko tinggi yang melakukan isolasi mandiri, serta koordinasi antara Dinas Kesehatan. Dinas dan Kementerian Kesehatan.

TNI mendapatkan akses paket obat gratis dari Presiden. Selain itu, Satgas PPKM di tingkat desa harus diaktifkan kembali dan melakukan pemantauan ketat terhadap setiap warga yang terindikasi memiliki gejala COVID-19.

Tidak hanya itu, ia memastikan pemerintah akan secara berkala menerapkan pemantauan kematian dengan kerangka yang mencakup jumlah kematian yang telah divaksinasi, kasus komorbiditas, klasifikasi usia, ketersediaan akses obat, perawatan oksigen, stadium penyakit dan paparan badai sitokin. dan lokasi kematian. Dia meminta semua pihak bekerja sama untuk menyelesaikan masalah ini.

“Kunci dalam menghadapi pandemi ini adalah kedisiplinan dan gotong royong. Dengan bersama-sama dan konsisten melakukan dan meningkatkan testing dan tracing, diharapkan mata rantai ini akan terputus,” kata Luhut.

Related posts

banner 468x60