Sejumlah Wilayah Luar Jawa-Bali Dikabarkan PPKM Level 4 hingga 8 Agustus

  • Whatsapp

CUPANG99 – PPKM level 4 di Sumsel (Sumatera Selatan) dan Kepulauan Riau (Kepri) akan dilaksanakan mulai besok hingga 8 Agustus 2021. Di Sumsel, misalnya, PPKM level 4 akan dilaksanakan di empat wilayah, Palembang, Lubuklinggau, Musi Banyuasin. dan Musi Rawas.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, pelaksanaan PPKM level 4 di empat wilayah tersebut dilakukan setelah terjadi peningkatan kasus COVID-19. Peningkatan kasus tercatat mencapai 150 orang per hari.

“Tingginya kasus COVID-19 di sana diduga karena ditemukannya penyebaran Covid-19 varian Delta,” kata Herman.

Herman mengatakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat dalam sebulan terakhir ada dua kasus terkonfirmasi positif Covid-19 varian Delta di Sumsel. Masing-masing ditemukan di Palembang dan di Musi Banyuasin.

Untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 varian Delta, Pemprov Sumsel akan memperketat pelaksanaan PPKM. Diharapkan tingkat PPKM yang diterapkan di Sumsel tidak meningkat.

“Dulu dua daerah sekarang bertambah dua lagi. Jangan sampai jadi PPKM level 5. Siapa yang mau? Tentu tidak ada kan,” kata Herman.

Namun, Herman mengakui, teknis pelaksanaan PPKM level 4 belum bisa dipastikan. Ia mengaku masih menunggu arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

“Masih menunggu penjelasan dari Mendagri, teknis pelaksanaannya seperti apa. Apakah gubernur yang memimpin pelaksanaannya atau bupati dan walikota di daerah,” ujarnya.

Herman menegaskan, pihaknya tidak akan mengendurkan penerapan protokol kesehatan. Ia juga berharap masyarakat di Sumsel juga terus menerapkan gaya hidup bersih.

“Karena dua hal ini sebenarnya bisa melindungi masyarakat masing-masing,” ujarnya.

Baca pelaksanaan PPKM level 4 di Kepri di halaman selanjutnya

Sementara itu di Kepri, Gubernur Ansar Ahmad menyatakan siap mendukung kebijakan PPKM level 4 mulai 26 Juli hingga 8 Agustus 2021. Hingga saat ini, penyebaran kasus COVID-19 di Riau masih bergejolak.

“Kami mendukung kelanjutan pelaksanaan PPKM level empat karena pelaksanaan PPKM beberapa waktu sebelumnya, meskipun mengurangi jumlah COVID-19 hingga 30 persen di Kepri, tetapi masih fluktuatif,” kata Ansar dalam rapat koordinasi. untuk pelaksanaan PPKM level 4 di luar Jawa dan Bali secara virtual.

Persentase kenaikan kasus COVID-19 di Kepri memang cukup besar, yakni 54,8 persen. Sedangkan kasus aktif Corona di Kepri per 23 Juli tercatat 8.780 kasus.

Menurut Ansar, Mendagri akan mengeluarkan instruksi terbaru terkait PPKM level 4 di luar Jawa dan Bali paling lambat hari ini. Ansar mengatakan, pihaknya saat ini mengalami kendala terkait laporan pelaksanaan tes, tracing, dan pengobatan Covid-19.

“Kami mengambil langkah bahwa beberapa staf di kantor kecamatan akan diperbantukan di puskesmas untuk merekapitulasi laporan 3T,” kata Ansar.

Related posts

banner 468x60