Goalpedia – Dari Ryan Reynolds Sampai Raffi Ahmad: Mengapa Banyak Selebriti Membeli Klub Sepakbola?

  • Whatsapp
Ryan Reynolds

Cupang99 – Tren berinvestasi di klub bola dilakukan para pesohor, dari Ryan Reynolds di Inggris sampai Raffi Ahmad di Indonesia – tapi mengapa mereka tertarik?

Bintang Hollywood Ryan Reynolds dan rekannya yang bernama Rob McElhenney diumumkan sebagai pemilik tim Liga Nasional Inggris Wrexham AFC pada 2020 lalu. Sementara pada 2021, selebriti Indonesia yang berjuluk ‘sultan’ Raffi Ahmad mengakuisi Cilegon United dan mengubah namanya jadi RANS Cilegon FC.

Read More

Langkah yang sama kemudian diikuti Youtuber kondang Atta Halilintar dengan menelurkan AHHA PS Pati FC tak lama kemudian.

Mereka bukan satu-satunya pesohor yang berinvestasi di klub sepakbola dalam beberapa tahun terakhir. Tercatat Natalie Portman juga masuk dalam daftar aktor Hollywood yang memiliki klub NWSL Angel City FC, yang akan melakukan debutnya pada 2022.

Jadi mengapa ada tren semacam ini? Goal coba membahasnya!

Mengapa Selebriti Membeli Klub Sepakbola?

Alasan yang paling jelas adalah bahwa kepemilikan di klub sepakbola merupakan bisnis yang menguntungkan, meski itu belum bisa dibuktikan di Indonesia.

Selebriti Hollywood selama ini dikenal kaya, dan meski laba dari langkah berani mereka belum akan terlihat sampai jangka waktu lama, berinvestasi di tim olahraga adalah investasi jangka panjang. Keuntungan nantinya hanya bisa terjadi jika mereka memiliki sarana pendukung dan tepat dalam pelaksanaannya.

Dengan berpikir jauh ke depan, artis top Indonesia seperti Raffi Ahmad rela jorjoran di awal dengan RANS Cilegon FC. Kabarnya, total kucuran mahar investasi Raffi dan rekannya Rudy untuk klub asal Banten tersebut menyentuh Rp300 miliar!

Uang sebesar itu tentu sejalan dengan ambisi besarnya untuk meloloskan klubnya ke Liga 1, sembari tak melupakan infrastruktur klub yang perlahan diperbaiki. Hal sama juga dilakukan Atta di AHHA PS Pati.

Sementara di luar negeri, ada Mindy Kaling yang memiliki saham utama di Swansea City, sedangkan Will Ferrell memiliki sejumlah saham Los Angeles FC yang tidak diungkapkan.

Kepemilikan tidak terbatas hanya pada elite Hollywood, tentu saja. Atlet kaya seperti David Beckham adalah pemilik Inter Miami, sementara LeBron James punya saham minoritas di Liverpool.

Adapun Reynolds dan McElhenney akan menggunakan uang mereka sendiri untuk berinvestasi di Wrexham, yang diperkirakan berjumlah sekitar £2 juta. Rencanan besarnya adalah menggunakan uang tersebut untuk membantu mengembalikan Wrexham ke puncak piramida sepakbola Inggris.

Klub Sepakbola Jadi ‘Bahan’ Yang Bagus

Selain itu, memiliki klub sepakbola juga merupakan strategi marketing yang baik.

Dalam kasus Reynolds dan McElhenney, duo ini tampaknya benar-benar peduli dalam menggunakan uang mereka untuk membantu menghadirkan kesuksesan ke klub kecil yang kurang dikenal seperti Wrexham.

“Tujuan kami adalah untuk mengembangkan tim, mengembalikannya ke Football League Inggris di stadion yang bakal ditingkatkan [kapasitasnya] sambil membuat perbedaan positif bagi komunitas yang lebih luas di Wrexham,” kata mereka.

Portman, sementara itu, terlihat berapi-api untuk mempromosikan kesadaran tentang sepakbola wanita di Amerika Serikat dan menginspirasi gadis-gadis muda untuk menekuni itu sebagai olahraga.

Ketertarikan pada sepakbola wanita telah tumbuh secara konsisten selama bertahun-tahun, dan Portman bersemangat untuk meletakkan dasar bagi tim wanita di Los Angeles.

“Sepertinya ini ideal untuk membawa sepakbola [wanita] ke L.A. karena kami memiliki penggemar yang sangat bergairah di sini, sepakbola level muda yang kuat,” katanya dalam sebuah pernyataan saat mengumumkan kepemilikan sebagiannya atas klub tersebut.

“Ini adalah jenis perubahan budaya yang luar biasa jika kita dapat membawa lebih banyak perhatian, cahaya dan merayakan para atlet luar biasa ini.”

Figur Terkenal Lain Di Klub Sepakbola

Mari kita urutkan dari Wales. Selain kepemilikan Reynolds dan Rob McElhenney di Wrexham, aktris film Mulholland Drive dan King Kong Naomi Watts adalah presiden kehormatan klub amatir asal Pulau Anglesey di Wales, Glantraeth FC.

Di negara tetangga yakni Inggris, penyanyi Sir Elton John merupakan chairman klub favorit masa kecilnya, Watford. Ia sempat memimpin periode emas klub kala The Hornets promosi instan dari Divisi Keempat ke Divisi Satu hanya dalam rentang empat tahun! Setelah menjual saham mayoritas klub pada 1990, John tetap dilibatkan di Vicarage Road dan kembali sebagai pimpinan pada 1997 sebelum mundur lima tahun berselang.

Fans sepakbola penyuka musik rock mungkin juga tertarik untuk mengetahui bahwa vokalis Led Zeppelin, Robert Plant, menjabat sebagai wakil presiden Wolverhampton sejak 2009.

Penulis buku masak dan presenter televisi, Delia Smith, adalah pemegang saham mayoritas Norwich. Ia punya momen tidak terlupakan pada 2005 kala ia meraih mikrofon di lapangan pada babak pertama dalam laga kandang melawan Manchester City dan memohon kepada suporter untuk lebih berisik. “Di mana kalian? Di mana kalian? Ayo lah…kami butuh kalian!” Norwich kalah dalam pertandingan tersebut dengan skor 3-2. Aktor, presenter, dan penulis Stephen Fry juga diketahui merupakan anggota dewan direksi The Canaries.

Sementara itu, mantan personel One Direction Louis Tomlinson mengakuisisi kepemilikan klub League One alias kasta ketiga Liga Inggris, Doncaster Rovers, yang sekaligus klub idolanya sejak masa kanak-kanak.

Di Amerika Serikat, pemenang Super Bowl 2014, Russell Wilson, dan istrinya yang sekaligus penyanyi pemenang penghargaan Grammy, Ciara, serta rapper Macklemore bergabung dengan konsorsium kepemilikan Seattle Sounders. Tahu siapa asisten pelatih Sounders? Ya, mantan full-back Liverpool, Djimi Traore.

Related posts

banner 468x60