‘Tiraggiro’ – Gol Khas Lorenzo Insigne Masuk Kamus Bahasa Italia

  • Whatsapp
Tiraggiro

Cupang99 – Tiraggiro menjadi semakin populer berkat penampilan apik Insigne bersama Italia saat menjuarai Euro tahun ini.

Gaya mencetak gol Lorenzo Insigne dengan tembakan melengkung kaki kanan dikenal sebagai ‘tiraggiro’ dan kata tersebut bahkan sampai masuk ke kamus bahasa Italia.

Read More

Kata tersebut merupakan gabungan dari tiga kata yang berbeda dalam bahasa Italia, yakni ‘tiro a giro’ yang artinya tembakan melengkung.

Tiraggiro awalnya diciptakan oleh suporter Napoli, yang terkadang lebih spesifik menyebutnya sebagai ‘destraggiro’ yaitu tembakan melengkung kaki kanan.

Pelafalan para suporter Napoli membuat kata itu terdengar seperti ‘tir a ggir’ dan menjadi alasan mengapa bunyinya seperti sekarang.

Kata tersebut menjadi populer berkat penampilan apik Insigne bersama Italia di Euro 2020, terutama usai golnya dengan gaya khas ke gawang Belgia di perempat-final.

Bahkan ada beberapa fans di Wembley Stadium saat final melawan Inggris memiliki jersey Italia dengan nama punggung ‘Tiraggir’.

Rekan-rekan setim Insigne juga turut andil dalam mempopulerkan kata tersebut.

Sekarang ‘Tiraggiro’ telah masuk ke Treccani Dictionary, versi Italia dari Oxford English Dictionary, sebagai sebuah neologisme.

Beberapa tifosi Juventus sedikit kesal karena mereka berpandangan bahwa kata yang menggambarkan gol khas Insigne itu sebernarnya sudah dilakukan terlebih dahulu oleh Alessandro Del Piero beberapa dekade sebelumnya.

Namun itu lebih dikenal sebagai ‘gol alla Del Piero’ dan tidak berhasil masuk ke kamus bahasa Italia.

Related posts

banner 468x60